Monday, February 25, 2013

Tawaran Itu

















Karena baru nemu lagi blog yang udah terlupakan ini, aku juga baru terusik untuk buka komen yang sempat tak terkelola. Juga email yang kupakai hanya untuk bikin blog ini tak pernah lagi dibuka.

Ternyata...lima tahun itu banyak juga yang terkumpul. Dari email dan komen ada beberapa orang yang tertarik pada craft buatan. Ada yang mesen cuma untuk dirinya. Mengajukan diri menjadi reseller, dan yang terakhir, tawaran untuk membuat makrame untuk diekspor. Hah??? Gak nyangka.Kemarin sempat saya hubungi nomor telp dan email pengirim, tapi belum dapat balasan. Mungkin sudah ganti nomor n email kali karena dikirim oleh yang bersangkutan beberapa tahun lalu.

Soal ekspor, gw sempat tertarik mempelajari ekspor. Sampai nekad menghubungi eksportir untuk belajar beberapa bulan lalu.  Ternyata Bapak yang kuhubungi itu tinggal di Malang. Dia sungguh  baik hati, yang dengan senang hati melayani konsultasi gratis lewat sms, dan rajin membalas pertanyaan-pertanyaanku tentang ekspor meski kita belum saling kenal. Andai gw masih jadi jurnalis, udah gw bikin sosok deh  Bapak satu ini. 

Pesan dari konsultasi terakhir dari Bapak tersebut, "Ayo Mbak, buat atau cari barang yang layak ekspor. Nanti kalau sudah nemu. Mbak bisa langsung praktek. Saya bantu semampu saya," ujarnya yang bermimpi meningkatkan jumlah eksportir dari Indonesia  yang konon jumlahnya masih sangat minim.
 
Saya sempat keluar masuk pameran. Tapi belum nemu barang yang pas. Lalu, lama-lama semangat itu meredup bahkan lupa.  Membaca email tentang tawaran itu dua atau tiga hari lalu, membuat keinginan itu sedikit menyala lagi.



No comments: